Pergunu Jateng Ajak Guru Kreatif di Konferwil

Dibuat oleh : Mojo

Semarang, 12 Agustus 2017

 

Demi menumbuhkan semangat literasi dan mewujudkan guru yang menginspirasi, Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jateng bekerjasama dengan Fakultas Agama Islam (FAI) Unwahas Semarang mengadakan seminar nasional bertema ‘Menjadi Guru Inspiratif’ yang dilanjutkan dengan Konferwil Pergunu di Aula Unwahas, Sabtu (12/8).

Hadir dalam acara tersebut Pengurus Pusat Pergunu, Ketua Pergunu Jateng, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov Jateng, Rektor Unwahas, Ketua PW NU Jateng, Kakanwil Kemenag, PC Pergunu se-Jateng, sekolah mitra Unwahas, perwakilan PGRI, dan tak ketinggalan Anggota Komisi E DPRD Jateng Muh Zen Adv, serta para pemateri seminar.

Ketua Pergunu Jateng, Ruswan mengatakan, adanya seminar nasional menjadi guru inspiratif ini penting, karena Pergunu memandang guru tidak hanya transfer knowledge, tetapi juga harus menjadi idola yang menginspirasi untuk perserta didiknya. ”Sungguh akan berkesan bila bayak guru menjadi idola murid-muridnya, dan itu hanya dimiliki oleh para guru yang bisa menginspirasi”, ungkapnya. Sedangkan Muswil adalah sarana memilih nahkoda baru Pergunu, untuk ikut menjadi bagian advokasi dan mensejahterakan guru-guru, imbuhnya.

Diseminar, Sumardi yang merupakan Kepala Madrasah teladan Jateng mengatakan, menjadi kepala sekolah itu tidak harus main tunjuk perintah saja , melainkan yengkuyung bersama-sama segenap potensi yang ada, dimaksimalkan demi menggapai cita-cita membesarkan lembaga. Adapun Usman Roin, guru Ekskul Jurnalistik SMP IT PAPB Semarang dan penulis lepas mengajak guru untuk menulis. “Akan rugi bila bapak/ibu yang menjadi guru, menjabat sebagai kepsek, dekan, dosen namun tidak menulis, justru dengan menulis itu akan meninggikan martabat kita dalam segala hal”, ungkapnya.

AdapunHery Nugroho yang merupakan Guru SMA 3 juga menekankan bahwa guru abad 21 ini juga harus menambah kecakapan bahasan dan penguasaan teknologi yang baik untuk menjadi guru inspiratif, paparnya.

Terpisah, di acara Muswil secara aklamasi HM. Faojin terpilih menjadai Ketua Pergunu Jateng periode 2017-2022. Ia mengharap kerjasama kepada semua demi mensukseskan terbentuknya PC Pergunu di tiap Kabupaten dan Kota di Jateng, tegasnya.



Leave a Comment