PERGUNU PALEMBANG, KOMITMEN LESTARIKAN ASWAJA ANNAHDLIYAH

Dibuat oleh : Mojo

Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) terus melakukan penguatan kelembagaan dengan program pembentukan PC dan PAC di seluruh Indonesia. Sabtu, 2 Desember 2017, PP PERGUNU dengan PW Sumatera Selatan melantik PC PERGUNU Palembang masa bakti 2017 – 2021. Betempat di Pesantren Muqinussunnah, Kota Palembang, dihadiri ratusan guru, kiai, dan santri.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PC PERGUNU Palembang, M. Syukri menuturkan bahwa Pengurus diharapkan mampu meneladani komitmen ke-Nu-an Guru Masyarakat Palembang, K.H. M. Zen Syukri. “Mari kita perjuangkan nilai-nilai dan ajaran Islam Ahlussunah wal Jama’ah yang sudah diajarkan guru mulia, Abah M. Zen Syukri”.

Pada kesempatan yang sama, Ustadz Sofwatillah, Anggota DPR RI juga berpesan kepada Pengurus untuk meneladani dan meneruskan perjuangan K.H. Zen Syukri, terutama dalam menjaga nilai-nilai Islam Rahmatan lil Alamin melalui pelestarian nilai Aswaja Annahdliyah. “kita patut bersyukur memiliki guru mulia, Abah Zen, beliau adalah perintis NU di bumi Sriwijaya yang memiliki sanad langsung kepada Rais Akbar, Hadratussyech Hasyim Asy’ari, untuk itu PERGUNU harus mampu menjaga ajaran dan teladan beliau. Nilai Aswaja Annahdliyah yang beliau selalu jadikan landasan dakwan di masyarakat, telah mampu mewarnai pola kehidupan masyarakat mislim di Bumi Sriwijaya ini”.

Lebih lanjut, Sofwatillah yang juga inisiator penulisan Al-Qur’an Akbar di Palembang mengatakan bahwa para pengurus PERGUNU kota Palembang atas arahan dan bimbingan Guru Abah Zen telah berpartisipasi aktif dalam mewujudkan Al-Qur’an Akbar tersebut.

Sementara itu, Pimpinan Pusat Pergunu, M. Fadli dalam sambutannya mengapresiasi perkembangan PERGUNU Sumatera Selatan, termasuk PC Kota Palembang. Beliau berharap agar ke depan PERGUNU lebih aktif dalam pengembangan pendidikan dan peningkatan kualitas SDM, khususnya di kota Palembang. Menurutnya modal kesejarahannya sudah dimiliki, dengan bimbingan dan teladan dari Guru Besar Abah Zen, tinggal kita teruskan dan kembangkan sesuai tuntutan zaman.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Pengasuh dan Pengurus Pesantren Muqinussunnah, Hj. Izzah Zen Syukri, Anggota DPR RI, Sofwatillah, PP PERGUNU, Aris Adi Leksono dan M. Fadli, Ketua PW PERGUNU Sumatera Selatan, H. Zainuri, dan Kepala Kantor Kemenag Kota Palembang, dan sejumlah tokoh dan Kiai setempat.



Leave a Comment